google-site-verification: google3c7d1a4caf0af247.html RESEP SAMBAL TEMPE DAUN KEMANGI ~ DAPUR RESEP 101

Sunday 30 October 2016

RESEP SAMBAL TEMPE DAUN KEMANGI

Sambal adalah santapan yang biasanya harus ada di dalam masakan Indonesia, salah satu sambal juga banyak dicari orang adalah sambal tempe daun kemangi. Sambal menjadi makanan yang sudah mendarah daging untuk warga Indonesia, bahkan semua daerah di Indonesia memiliki sambal sebagai kuliner khasnya. Nah, kali ini kita akan coba hadirkan resep sambal ijo yang akan membuat makanmu semakin berselera. Yuk intip uraiannya di bawah ini.

sambal tempe daun kemangi

Bahan :
  • 5 potong tempe.
  • 3 – 5 buah cabe rawit. Jumlah bisa disesuaikan dengan selera anda.
  • 2 siung bawang putih.
  • Gula jawa secukupnya
  • Garam dapur secukupnya
  • 20 lembar daun kemangi. Cuci bersih dan ambil daunnya saja.

Cara Membuat :
  1. Haluskan 1 siung bawang putih dan garam. Beri air secukupnya, dan masukkan tempe ke dalamnya. Tunggu sesaat, lalu goreng hingga kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.
  2. Goreng tempe hingga kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.
  3. Haluskan cabe, 1 siung bawang putih, garam, dan gula, sampai lembut. Gula yang diperlukan hanya sedikit saja, cukup 1 ruas jari kelingking sudah cukup. Yang penting jangan terlalu manis. Gula jawa dapat diganti dengan gula pasir.
  4. Masukkan tempe goreng dan kemangi ke dalam sambel, lalu uleg hingga halus dan tecampur semua. Tidak perlu sehalus bubur, namun uleg kasar dan tekstur kedelainya masih terlihat, serta lembaran – lembaran daun kemanginya masih terlihat.
  5. Sajikan..
 
Sambal dapat juga diartikan sebagai saus dengan bahan utama cabai yang dilumatkan sehingga keluar kandungan sari cabe yang berasa pedas dan ditambah bahan-bahan lain seperti terasi dan garam. Makanan yang menjadi salah satu unsur hidangan Indonesia ini dapat anda buat sendiri di rumah. Prosesnya nggak ribet, juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Saya tunggu sambal tempe daun kemangi hasil kreasi anda ya, selamat mencoba..

0 comments:

Post a Comment