google-site-verification: google3c7d1a4caf0af247.html RESEP BOLU TAPE KEJU ~ DAPUR RESEP 101

Sunday 9 October 2016

RESEP BOLU TAPE KEJU

Bolu tape keju adalah kue berbahan dasar tepung (umumnya tepung terigu), gula dan telur. Kue bolu dan cake umumnya dimatangkan dengan cara dipanggang di dalam oven, walaupun ada juga bolu yang dikukus, misalnya: bolu kukus, atau brownies kukus. Cake yang dihias dengan lapisan (icing) dari krim mentega (buttercream), fondant atau marzipan disebut kue tart (kue tarcis). Cake berhias (kue tart) atau tanpa hiasan digunakan sebagai makanan penutup atau hidangan istimewa resepsi pernikahan atau pesta ulang tahun. Berbicara tentang kue, yuk kita simak uraian di bawah ini.


Bolu tape keju

Bahan-bahan :

  • 5 ButirTelur Ayam
  • 180 GramGula Pasir
  • 1/2 SdtEmulsifier
  • 1/2 SdtVanilli
  • 300 GramTape Singkong
  • 65 GramSantan Kental
  • 150 GramMargarin Dilelehkan
  • 180 GramTepung Terigu Pro Sedang
  • 1/2 SdtBaking Powder
  • 100 GramKeju Cheddar Parut
  • 50 GramKismis

Cara Membuat :

  1. Lumatkan tape hingga halus, buang sumbunya.
  2. Setelah halus tuangkan santan kentalnya.
  3. Lumatkan bersama hingga tercampur rata, sisihkan.
  4. Sekarang waktunya membuat adonan bolunya, campurkan telur dengan gula pasirnya ya.
  5. Tambahkan Vanilli.
  6. Tambahkan sp nya yang sebelumnya dibedaki dulu dengan tepung. Tips ini dipakai agar sp tidak tenggelam didasar adonan.
  7. Mikser adonan dari speed terendah hingga perlahan naik ke speed tertinggi ya. mikser hingga adonan menjadi putih kental berjejak.
  8. Sambil nunggu adonan mengental, campurkan tepung terigu dengan baking powdernya, ayak bersamaan, sisihkan.
  9. Siapkan loyang tulban, olesi dengan margarin lalu beri 1 sdt tepung terigu, tepuk tepuk hingga terigu menempel rata pada loyang, sisihkan.
  10. Ini adonan ketika sudah kental ya, putih kental dan ketika pedal diangkat adonan tidak jatuh.
  11. Turunkan kecepatan mikser ke posisi terendah lalu Masukan sesendok demi sesendok tapenya, aduk perlahan hingga rata.
  12. Lakukan hingga tape habis, pokoknya saat adonan akan ditambahkan bahan harus sedikit demi sedikit dimasukannya.
  13. Ketika tape sudah tercampur rata masukan setengah bagian keju 
  14. Parut kedalam adonan, sekitar 50 gram, sisakan keju untuk topping.
  15. Bila keju sudah teraduk rata tambahkan margarin lelehnya masukan sedikit demi sedikit juga ya sambil dimikser perlahan dengan kecepatan rendah.
  16. Matikan mikser, taburkan terigu sedikit demi sedikit juga, aduk balik perlahan dengan spatula hingga ke bagian dasarnya hingga menjadi rata.
  17. Adonan siap dituangkan pada loyang tulbannya, jangan lupa beri taburan kismis dan keju parutnya.
  18. Panggang pada suhu 150 dercel selama 45menit atau sesuaikan dengan kebutuhan, karena saya kemarin sampai 55 menit dengan suhu 160 dercel, yang penting jangan lupa lakukan tes tusuk ya, keluarkan dari loyang saat kue sudah mulai dingin.
Tips : Oh ya karena tiap orang ovennya beda beda lebih baik menggunakan tes tusuk lidi dilakukan dimenit terakhir dari waktu yang diminta untuk memastikannya apakah kuenya sudah matang apa belum, seperti yang diulas diatas bila lidinya bersih dan berminyak kue sudah pasti matang.

Tips : Bila ingin memakai topping misalnya kismis, sukade dll disebar pada saat kue sudah 3/4 matang dan tips selanjutnya bila kismis/sukade ingin menyebar lebih rata dan tidak mendem dibawah, kismis/sukade dicampurkan pada tepung saja, aduk rata hingga terlumuri dengan tepung lalu dimasukan berbarengan dengan terigu.

Cake berukuran besar dengan bentuk persegi empat atau bundar dimaksudkan untuk dipotong-potong ketika dijual atau disajikan. Kue bolu yang digulung dan berisi krim mentega atau selai disebut bolu gulung. Berbagai macam puding juga menggunakan bahan dasar potongan kue bolu yang diletakkan di dasar loyang sebelum disiram dengan agar-agar. Saya tunggu bolu tape keju buatan anda, selamat berkreasi..

0 comments:

Post a Comment