google-site-verification: google3c7d1a4caf0af247.html RESEP BELUT GORENG GURIH DAN RENYAH ~ DAPUR RESEP 101

Sunday 23 October 2016

RESEP BELUT GORENG GURIH DAN RENYAH

Camilan yang juga diminati oleh banyak orang yaitu belut goreng gurih dan renyah. Belut adalah sejenis ikan anggota suku synbranchidae yang mempunyai nilai ekonomi. Ikan ini dapat dimakan, baik digoreng, dimasak dengan saus pedas asam, atau digoreng renyah sebagai makanan ringan. Hewan adalah predator ganas di lingkungan sawah dan rawa. Makanannya ikan kecil, cacing, krustasea. Ia aktif di malam hari. Hewan ini dapat mengambil oksigen langsung dari udara dan mampu hidup berbulan-bulan tanpa air, asalkan lingkungannya tetap basah, bahkan mampu menyerap oksigen lewat kulitnya. Kebiasaaannya adalah bersarang di dalam lubang berlumpur dan menunggu mangsa yang lewat. Walaupun berasal dari daerah tropika, hewan ini diketahui dapat bertahan hidup melewati musim dingin dengan suhu sangat rendah. Kombinasi sifat-sifat yang dimiliki membuatnya menjadi hewan yang dianggap berbahaya bagi lingkungan yang bukan habitatnya. Tapi diolah menjadi makanan, hasilnya memuaskan. Gak percaya? Coba kita simak yang satu ini.

belut goreng gurih dan renyah

Bahan:
  • 500 gram belut
  • 150 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung beras
  • 1 butir telur
  • 200 ml air

Bumbu Yang Dihaluskan:
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt ketumbar
  • 2 butir kemiri

Membersihkan Belut:
  1. Taburi belut yang telah mati dengan abu gosok secukupnya, gosok perlahan hingga lendir hilang dan tubuh belut menjadi kesat.
  2. Siram di bawah air mengalir hingga abu gosok tak tersisa.
  3. Rendam belut yang telah bersih dalam air yang dicampur air jeruk nipis selama 15 menit.
  4. Potong-potong belut dalam bentuk persegi.

Cara Memasak:
  1. Campur tepung terigu, tepung beras, telur dan bumbu halus, aduk hingga rata.
  2. Tuang air hingga mencapai kekentalan yang Anda inginkan.
  3. Celupkan belut ke dalam adonan lalu goreng dalam minyak panas, gunakan api sedang.
  4. Tunggu hingga tepung berwarna kuning keemasan, angkat, tiriskan.
  5. Sajikan selagi hangat.
Belut merupakan hewan hermaprodit, dimasa muda merupakan belut betina dan bersarang di lubang untuk meletakkan telur-telurnya pada busa-busa di air yang dangkal. Jika telur menetas, keluarlah belut muda yang semuanya betina. Dalam usia lebih tua perkembangan berikutnya, akan menjadi belut jantan. Ukuran maksimum adalah 1m, meskipun yang banyak dikonsumsi paling panjang 40 cm. Tidak memiliki sirip, kecuali sirip ekor yang memanjang. Bentuk tubuhnya menyerupai tabung dengan tubuh licin, tanpa sisik. Warna bervariasi, namun biasanya kecoklatan hingga kelabu. Ini merupakan salah satu jenis ikan yang bentuknya unik yang bila dimasak terasa enak dan sedap. Kaya akan protein dan gizi tinggi, mampu menghadirkan cita rasa masakan yang sangat digemari walaupun tuh dari bentuk ikan itu bisa dibilang kurang menarik, tetapi kalau sudah dimasak saya yakin akan tergoda untuk mencicipinya. Saya tunggu belut goreng gurih dan renyah hasil kreasi anda, selamat mencoba.

0 comments:

Post a Comment