google-site-verification: google3c7d1a4caf0af247.html RESEP IKAN BELUT PANGGANG ~ DAPUR RESEP 101

Sunday 23 October 2016

RESEP IKAN BELUT PANGGANG

Ikan belut panggang, suatu judul menu masakan yang masih jarang kita dengar. Belut adalah sejenis ikan anggota suku synbranchidae yang mempunyai nilai ekonomi. Ikan ini dapat dimakan, baik digoreng, dimasak dengan saus pedas asam, atau digoreng renyah sebagai makanan ringan. Hewan adalah predator ganas di lingkungan sawah dan rawa. Makanannya ikan kecil, cacing, krustasea. Ia aktif di malam hari. Hewan ini dapat mengambil oksigen langsung dari udara dan mampu hidup berbulan-bulan tanpa air, asalkan lingkungannya tetap basah, bahkan mampu menyerap oksigen lewat kulitnya. Kebiasaaannya adalah bersarang di dalam lubang berlumpur dan menunggu mangsa yang lewat. Walaupun berasal dari daerah tropika, hewan ini diketahui dapat bertahan hidup melewati musim dingin dengan suhu sangat rendah. Kombinasi sifat-sifat yang dimiliki membuatnya menjadi hewan yang dianggap berbahaya bagi lingkungan yang bukan habitatnya. Tapi diolah menjadi makanan, hasilnya memuaskan. Gak percaya? Coba kita simak yang satu ini.  

Ikan belut panggang

Bahan :

  • 2 ekor belut
  • 3 siung bawang putih dihaluskan
  • 1/2 sdt merica halus
  • 2 sdm kecap manis
  • 1/2 sdm air jeruk nipis
  • 1 sdm minyak goreng
  • 1/2 sdt garam halus
 
Cara Membuat :
  1. Belah ikan belut dan buang kepala dan bagian ekornya kemudian cuci sampai bersih lalu dipukul-pukul supaya agak empuk.
  2. Lumuri belut dengan garam, merica, bawang putih, air jeruk, minyak goreng lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit supaya bumbu bisa meresap.
  3. Panggang ikan belut sampai setengah matang kemudian lumuri atau celupkan pada kecap manis lalu panggang kembali sampai matang dan lezat.
  4. Sajikan ikan belut panggang ini dengan ditemani sambal dan lalapan untuk dibuat lauk makan nasi.

Belut merupakan hewan hermaprodit, dimasa muda merupakan belut betina dan bersarang di lubang untuk meletakkan telur-telurnya pada busa-busa di air yang dangkal. Jika telur menetas, keluarlah belut muda yang semuanya betina. Dalam usia lebih tua perkembangan berikutnya, akan menjadi belut jantan. Ukuran maksimum adalah 1m, meskipun yang banyak dikonsumsi paling panjang 40 cm. Tidak memiliki sirip, kecuali sirip ekor yang memanjang. Bentuk tubuhnya menyerupai tabung dengan tubuh licin, tanpa sisik. Warna bervariasi, namun biasanya kecoklatan hingga kelabu. Ini merupakan salah satu jenis ikan yang bentuknya unik yang bila dimasak terasa enak dan sedap. Kaya akan protein dan gizi tinggi, mampu menghadirkan cita rasa masakan yang sangat digemari walaupun tuh dari bentuk ikan itu bisa dibilang kurang menarik, tetapi kalau sudah dimasak saya yakin akan tergoda untuk mencicipinya. Saya tunggu ikan belut panggang hasil kreasi anda, selamat mencoba.

0 comments:

Post a Comment