google-site-verification: google3c7d1a4caf0af247.html RESEP TORAKUR ATAU MANISAN TOMAT LEGIT ~ DAPUR RESEP 101

Sunday 5 March 2017

RESEP TORAKUR ATAU MANISAN TOMAT LEGIT

Torakur atau manisan tomat legit adalah makanan dengan bahan dasar buah-buahan yang direndam dalam larutan gula selama beberapa waktu. Manisan biasanya dimakan sebagai hidangan pelengkap untuk merangsang nafsu makan. Teknologi membuat manisan merupakan salah satu cara pengawetan makana yang sudah diterapkan sejak dahulu kala. Perendamanan manisan akan membuat kadar gula dalam buah meningkat dan kadar airnya berkurang.  Keadaan ini akan menghambat pertumbuhan mikroba perusak sehingga buah akan lebih tahan lama. Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembuatan manisan yang satu ini.

Torakur atau manisan tomat legit

Bahan-bahan:
- Tomat merah (belum terlalu matang/masih agak keras) 1 kg
- Gula pasir ¼ kg
- Kapur sirih 2 sendok teh, larutkan dengan air

Cara membuat :
  1. Terlebih dahulu tomat dicuci sampai bersih. Lalu tomat direndam ke dalam air kapur sirih selama kurang lebih 2 jam.
  2. Angkat tomat, kemudian tekan tomat menggunakan kedua tangan hingga biji tomat keluar. Kerjakan sampai tomat habis. Cuci kembali tomat sampai bersih.
  3. Susun tomat ke dalam panci, lalu taburkan gula pasir keatasnya. Tutup panci tersebut dan diamkan semalaman sampai keluar air.
  4. Tomat direbus dengan sedikit air menggunakan api kecil sampai air habis dan mongering (jangan gosong). Angkat serta biarkan manisan tomat dingin.
  5. Letakkan manisan tomat ke dalam wadah atau Loyang, susun dengan rapi. Setelah itu, jemur manisan tomat dibawah sinar matahari langsung selama kurang lebih 3-4 hari sampai manisan tomat benar-benar kering. Sebaiknya pada saat manisan tomat dijemur ditutup menggunakan daun pisang supaya kotoran tidak masuk.
  6. Angkat manisan tomat dan simpan dalam wadah. Sajikan..
Pada awalnya manisan dibuat dengan merendam pada larutan gula hanya untuk mengawetkan. Ada beberapa buah yang hanya dipanen pada musim-musim tertentu. Saat musim itu, buah akan melimpah dan kelebihannya akan segera membusuk apabila tidak segera dikonsumsi. Untuk itu manusia mulai berpikir untuk mengawetkan buah dengan membuat manisan. Manisan juga dibuat dengan alasan memperbaiki cita rasa buah yang tadinya masam menjadi manis. Setelah berkembang menjadi komoditas, manisan mulai diolah dengan berbagai tambahan bahan, seperti pengenyal, pemutih, pengering, atau gula buatan. Sudah selesai pembahasan kita untuk torakur atau manisan tomat legit, saya tunggu hasil kreasi anda, selamat mencoba.

0 comments:

Post a Comment