google-site-verification: google3c7d1a4caf0af247.html RESEP MANISAN MANGGA ~ DAPUR RESEP 101

Wednesday 1 March 2017

RESEP MANISAN MANGGA

Manisan mangga adalah makanan dengan bahan dasar buah-buahan yang direndam dalam larutan gula selama beberapa waktu. Manisan biasanya dimakan sebagai hidangan pelengkap untuk merangsang nafsu makan. Teknologi membuat manisan merupakan salah satu cara pengawetan makana yang sudah diterapkan sejak dahulu kala. Perendamanan manisan akan membuat kadar gula dalam buah meningkat dan kadar airnya berkurang.  Keadaan ini akan menghambat pertumbuhan mikroba perusak sehingga buah akan lebih tahan lama. Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembuatan manisan yang satu ini.

Manisan mangga

Bahan-bahan :
  • Mangga muda 1 kg
  • Gula pasir 350 gr
  • Air bersih matang 200 cc
  • Garam halus ½ sdt
  • Cabe merah keriting 8 bh, iris-iris
  • Food coloring (kuning) secukupnya
Langkah Membuat :
  1. Buah Mangga yang dagingnya masih lumayan keras atau muda dan sudah dipilih kemudian dibuang kulitnya dan diiris tipis-tipis.
  2. Sementara itu larutkan gula dan garam ke dalam air yang akan direbus lalu masak sampai matang bersama dengan tambahan pewarna (kuning) dan irisan cabe merah keriting.
  3. Angkat hasil rebusan campuran gula dan garam setelah matang dan tunggu hingga uap panasnya hilang.
  4. Setelah itu, tambahkan campuran rebusan gula dan garam dengan daging buah muda yang sudah diiris tipis tadi. Aduk merata kemudian dinginkan dalam kulkas.
Pada awalnya manisan dibuat dengan merendam pada larutan gula hanya untuk mengawetkan. Ada beberapa buah yang hanya dipanen pada musim-musim tertentu. Saat musim itu, buah akan melimpah dan kelebihannya akan segera membusuk apabila tidak segera dikonsumsi. Untuk itu manusia mulai berpikir untuk mengawetkan buah dengan membuat manisan. Manisan juga dibuat dengan alasan memperbaiki cita rasa buah yang tadinya masam menjadi manis. Setelah berkembang menjadi komoditas, manisan mulai diolah dengan berbagai tambahan bahan, seperti pengenyal, pemutih, pengering, atau gula buatan. Sudah selesai pembahasan kita untuk manisan mangga, saya tunggu hasil kreasi anda, selamat mencoba.

0 comments:

Post a Comment