google-site-verification: google3c7d1a4caf0af247.html RESEP GETUK PISANG ~ DAPUR RESEP 101

Sunday 19 March 2017

RESEP GETUK PISANG

Apa yang ada di pikiran anda ketika kita berbicara tentang daerah Kediri? Getuk pisang, yaaa makanan khas daerah Kediri ini memang sudah terkenal di sudut Nusantara. Ternyata banyak ya hasil kreasi nenek moyang kita yang meninggalkan pelajaran-pelajaran penting buat anak cucunya. Bahkan karena makanan ini, nama Kediri melambung gak tanggung. Sekarang di beberapa daerah juga mulai kita temui getuk khas Kediri yang djual sebagai oleh-oleh. Penasaran kan? Ayo kita simak yang satu ini.
Getuk pisang

Bahan-bahan :
  • 15 Pisang Raja Nangka (tidak terlalu lembek)
  • 75 gram Gula Pasir
  • Garam dan Vanili secukupnya
  • Daun Pisang dan Lidi untuk membungkus
Cara membuat :
  1. Pertama anda kukus terlebih dahulu pisang hingga lunak dan kemudian anda angkat dan kupas, lalu anda haluskan ketika masih panas.
  2. Pisang yang sudah dihaluskan anda campurkan dengan bahan lainnya yaitu gula, garam beserta vanili kemudian diaduk hingga merata.
  3. Nah kemudian adonan ditekan-tekan hingga padat, kemudian anda ambil satu genggam dan bungkus kedalam daun pisang yang terbentuk seperti lontong.
  4. Kukuslah kembali kira-kira setengah jam dan jika sudah anda angkat dan dinginkan hingga menjadi mengeras.
  5. Jika sudah dingin, kemudian anda potong-potong dan sajikan. Anda juga bisa menambahkan taburan parutan kelapa setengah tua yang sudah dikukus dan dicampurkan dengan sedikit garam.
Getuk pisang sudah bisa anda nikmati. Mudah kan cara membuatnya? Lain waktu bisa diulang lagi ya, jangan lupa bagi resep juga buat yang lain. Saya tunggu hasil kreasi anda, selamat mencoba #share

0 comments:

Post a Comment