google-site-verification: google3c7d1a4caf0af247.html RESEP KETAN HITAM SAUS SANTAN ~ DAPUR RESEP 101

Friday 17 March 2017

RESEP KETAN HITAM SAUS SANTAN

Semangat pagi semua, isi akhir pekan ini dengan ketan hitam saus santan yuk. Ketan hitam merupakan ketan yang dibuat dari beras hitam, memiliki rasa dan aroma, serta tekstur yang unik. Saat dimasak, warnanya bisa menjadi lebih hitam pekat dengan aroma yang sangat gurih. Ketan hitam memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan, diantaranya mencegah berbagai penyakit, menjaga kesehatan kulit, meningkatkan sistem ketahanan tubuh, detoksifikasi (membersihkan racun dan kotoran dalam tubuh), dan mengembalikan fungsi organ maupun metabolisma tubuh. Ketan hitam biasanya enak dimakan langsung atau disajikan dengan olahan masakan lain. Olahan yang sering ditemui adalah bubur ketan hitam, dengan perpaduan ketan hitam dan santan yang akan menambah kelezatan rasanya lho. To the point aja dehh, kita bahas uraian pembuatannya yuk.  
 
ketan hitam saus santan


Bahan bubur:
  • 100 gram beras ketan hitam, rendam selama lebih kurang 2 jam, tiriskan.
  • 2 liter air putih.
  • ½ sdt garam dan gula pasir secukupnya.
  • 2 lembar daun pandan, diikat simpul.
Bahan saus santan:
  • 400 ml santan kental dari 1 butir kelapa diparut.
  • 2 lembar daun pandan, diikat simpul.
  • Garam secukupnya.
Cara membuat:
  1. Rebus semua bahan yang sudah disiapkan untuk membuat bubur, kecuali gula pasir, masak sambil diaduk sampai setengah matang dan mengental.
  2. Tambahkan gula pasir, masak sambil diaduk sampai matang dan mengental, angkat.
  3. Rebus semua bahan yang sudah disiapkan untuk membuat kuah santan sambil diaduk sampai mendidih, matikan api kompornya.
  4. Letakkan bubur ketan hitam ke dalam mangkuk saji. Siram dengan kuah santan, bubur ketan hitam yang sederhana tapi enak siap dihidangkan.
Ketan hitam saus santan sudah siap santap. Warna coklatnya alami dari ketan hitam lho, no pewarna makanan. Waahhh keren kan? Udah sehat, enak lagi. Ini hasil kreasi saya, mana hasil kreasi anda? Selamat mencoba.

0 comments:

Post a Comment