google-site-verification: google3c7d1a4caf0af247.html RESEP MANISAN AGAR-AGAR ~ DAPUR RESEP 101

Wednesday 8 March 2017

RESEP MANISAN AGAR-AGAR

Banyak makanan yang sering kita gunakan sebagai menu penutup, salah satunya yaitu manisan agar-agar. Agar atau agarosa adalah zat yang biasanya berupa gel yang diolah dari rumput laut atau alga. Di Jepang dikenal dengan nama kanten dan oleh orang Sunda disebut lengkong. Jenis rumput laut yang biasa diolah untuk keperluan ini adalah Eucheuma spinosum. Beberapa jenis rumput laut dari golongan Phaeophycophyta (Gracilaria dan Gelidium) juga dapat dipakai sebagai sumber agar-agar. Agar-agar dieksport dari Melaka sejak 1871, untuk mempersingkat waktu yuk kita simak pembuatan manisan yang satu ini.

manisan agar-agar

Bahan :
  • Air Sebanyak 800 ml.
  • Agar-agar warna putih sebanyak 3 bungkus.
  • Gula pasir sebanyak 500 gram.
  • Zat pewarna sesuaikan dengan selera.

Cara Membuat
Tahap Pertama :
  1. Campur bahan-bahan seperti agar-agar, gula dan air, kenudian rebus semua bahan tadi hingga mendidih.
  2. Selanjutnya tuang kedalam cetakan. Bagi kedalam bebrapa cetakan.
  3. Diamkan hingga agar-agar dingin dan keras.
  4. Kemudian setelah dingin potong agar-agar dengan pisau khusus agar-agar kedalam bentuk dadu atau kotak. Jika diotong dengan pisau biasa hasilnya kurang cantik.
Tahap penjemuran :

Pada tahap penjemuran ini akan memakan waktu hingga 2 hari. Saat menjemur agar-agar harus sering di dibolak-balik, dan penjemuran dilakukan dibawah terik matahari.

Agar-agar sebenarnya adalah karbohidrat dengan berat molekul tinggi yang mengisi dinding rumput laut. Ia tergolong kelompok pektin dan merupakan suatu polimer yang tersusun dari monomer galaktosa. Agar-agar dapat dibentuk sebagai bubuk dan diperjualbelikan. Gel terbentuk karena pada saat dipanaskan di air, molekul agar-agar dan air bergerak bebas. Ketika didinginkan, molekul-molekul agar-agar mulai saling merapat, memadat dan membentuk kisi-kisi yang mengurung molekul-molekul air, sehingga terbentuk sistem koloid padat-cair. Kisi-kisi ini dimanfaatkan dalam elektroforesis gel agarosa untuk menghambat pergerakan molekul objek akibat perbedaan tegangan antara dua kutub. Kepadatan gel agar-agar juga cukup kuat untuk menyangga tumbuhan kecil sehingga sangat sering dipakai sebagai media dalam kultur jaringan. Sudah selesai pembahasan kita untuk manisan agar-agar, saya tunggu hasil kreasi anda, selamat mencoba.

0 comments:

Post a Comment