google-site-verification: google3c7d1a4caf0af247.html RESEP MANISAN KOLANG KALING ~ DAPUR RESEP 101

Wednesday 1 March 2017

RESEP MANISAN KOLANG KALING

Manisan kolang kaling adalah makanan dengan bahan dasar buah-buahan yang direndam dalam larutan gula selama beberapa waktu. Manisan biasanya dimakan sebagai hidangan pelengkap untuk merangsang nafsu makan. Teknologi membuat manisan merupakan salah satu cara pengawetan makana yang sudah diterapkan sejak dahulu kala. Perendamanan manisan akan membuat kadar gula dalam buah meningkat dan kadar airnya berkurang.  Keadaan ini akan menghambat pertumbuhan mikroba perusak sehingga buah akan lebih tahan lama. Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembuatan manisan yang satu ini.
 
Manisan kolang kaling


Bahan :
  • 1 kg kolang kaling
  • 250 gram gula pasir
  • 500 ml fanta, warna merah, hijau atau rasa sesuai selera
  • 1 lembar daun pandan
  • 10 lembar daun jeruk
  • air cucian beras dan air panas (mendidih)
Cara Membuat :
  1. Cuci kolang kaling dengan menggunakan air cucian beras hingga bersih, bilas dengan air bersih, tiriskan. Rendam dengan air mendidih dan biarkan beberapa saat, tiriskan.
  2. Rebus fanta, gula, daun jeruk dan daun pandan sampai mendidih. Masukkan kolang kaling, masak hingga mendidih dan biarkan beberapa saat. Matikan api lalu dinginkan manisan dan simpan di kulkas.
Pembuatan manisan kolang kaling dengan proses di atas akan menghasilkan warna yang lebih muda. Pada awalnya manisan dibuat dengan merendam pada larutan gula hanya untuk mengawetkan. Ada beberapa buah yang hanya dipanen pada musim-musim tertentu. Saat musim itu, buah akan melimpah dan kelebihannya akan segera membusuk apabila tidak segera dikonsumsi. Untuk itu manusia mulai berpikir untuk mengawetkan buah dengan membuat manisan. Manisan juga dibuat dengan alasan memperbaiki cita rasa buah yang tadinya masam menjadi manis. Setelah berkembang menjadi komoditas, manisan mulai diolah dengan berbagai tambahan bahan, seperti pengenyal, pemutih, pengering, atau gula buatan. Sudah selesai pembahasan kita untuk manisan kolang kaling, saya tunggu hasil kreasi anda, selamat mencoba.

0 comments:

Post a Comment