google-site-verification: google3c7d1a4caf0af247.html RESEP MANISAN BELIMBING WULUH ~ DAPUR RESEP 101

Wednesday 8 March 2017

RESEP MANISAN BELIMBING WULUH

Manisan belimbing wuluh  adalah makanan dengan bahan dasar buah-buahan yang direndam dalam larutan gula selama beberapa waktu. Manisan biasanya dimakan sebagai hidangan pelengkap untuk merangsang nafsu makan. Teknologi membuat manisan merupakan salah satu cara pengawetan makana yang sudah diterapkan sejak dahulu kala. Perendamanan manisan akan membuat kadar gula dalam buah meningkat dan kadar airnya berkurang.  Keadaan ini akan menghambat pertumbuhan mikroba perusak sehingga buah akan lebih tahan lama. Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembuatan manisan yang satu ini.
 
Manisan belimbing wuluh


Bahan yang digunakan :
  • Belimbing wuluh sebanyak 1 kg
  • Gula pasir kapur sirih sebanyak 300 gram
  • Tawas sebanyak ½ sdm
  • Air kapur sirih secukupnya
Cara membuat manisan :
  1. Siapkan belimbing wuluh dan cuci sampai bersih kemudian tiriskan. Kemudian gila belimbing dengan menggunakan parutan sampai airnya keluar
  2. Sediakan air lalu masukan air kapur sirih. Masukan belimbing ke dalam air kapur sirih dan rendam selama 1 malam, cuci dan tiriskan.
  3. Sediakan air sebanyak 2 ½ liter lalu campurkan air tawas aduk hingga rata. Masukan kembali belimbing ke dalam campuran air tawas selama dua jam, angkat dan cuci sampai bersih lalu tiriskan
  4. Rebus gula bersama air hingga larut, angkat. Belimbing masukan ke dalam larutan gula selama 1 malam, angkat belimbing kemudian rebus sisa air rendaman hingga jadi kental.
  5. Masukan kemblai belimbing ke dalam air larutan gula dan rendam selama 1 malan, lakukan hingga larutan gula menjadi karamel. Setelah nenjadi karamel lalu masukan belimbing dan aduk-aduk sampai kering.
  6. Siapkan loyang dan tambahkan belimbing di loyang yang datar dan jemur di bawah sinar matahari yang panas hingga kering. Sesekali balikan manisan agar keringnya rata
  7. Masukan ke dalam oven dan panggang sebentar saja, angkat dan dinginkan.
Pada awalnya manisan dibuat dengan merendam pada larutan gula hanya untuk mengawetkan. Ada beberapa buah yang hanya dipanen pada musim-musim tertentu. Saat musim itu, buah akan melimpah dan kelebihannya akan segera membusuk apabila tidak segera dikonsumsi. Untuk itu manusia mulai berpikir untuk mengawetkan buah dengan membuat manisan. Manisan juga dibuat dengan alasan memperbaiki cita rasa buah yang tadinya masam menjadi manis. Setelah berkembang menjadi komoditas, manisan mulai diolah dengan berbagai tambahan bahan, seperti pengenyal, pemutih, pengering, atau gula buatan. Manisan belimbing wuluh siap di sajikan, saya tunggu hasil kreasi anda, selamat mencoba.

0 comments:

Post a Comment