google-site-verification: google3c7d1a4caf0af247.html RESEP LAPIS PANDAN UBI UNGU ~ DAPUR RESEP 101

Saturday 24 December 2016

RESEP LAPIS PANDAN UBI UNGU

Lapis pandan ubi ungu merupakan salah satu makanan khas Indonesia. Kue lapis biasanya terdiri dari dua warna atau lebih yang berlapis-lapis. Kue lapis dengan bahan dasar tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, garam, dan pewarna ini dibuat dengan cara dikukus setiap lapisnya sebelum kemudian lapisan di atasnya ditambahkan. Kali ini kita akan membahas kue lapis dengan aroma pandan. Untuk proses lebih lanjut, kita simak resep dibawah ini.

Lapis pandan ubi ungu

 
Bahan :
* 150 g tepung kanji
* 75 g tepung terigu
* 100 g ubi ungu kukus
* 200 g gula pasir
* 600 ml santan kental
* 1 sdt garam
* 2 lembar daun pandan
* 2 lembar daun jeruk

Bahan Lapis Pandan:
* 150 g tepung kanji
* 75 g tepung terigu
* 200 g gula pasir
* 500 ml santan kental
* 1 sdt garam
* 2 lembar daun jeruk
* 2 lembar daun pandan
* pasta pandan secukupnya

Cara Membuatnya:
1.) Lapisan Ubi Ungu:
  • Didihkan santan, daun jeruk, pandan, garam. lalu diamkan hingga hangat. Saring.
  • Blender ubi ungu hingga halus. masukan tepung kanji, tepung trigu, gula pasir, tuang campuran santan ubi ungu. aduk rata. saring bila perlu. Sisihkan.
2.) Lapisan Pandan:
  • Didihkan santan, daun jeruk, daun pandan. garam. lalu diamkan hingga hangat. Saring.
  • Aduk tepung kanji, tepung terigu, gula pasir kemudian tuang santan, aduk, tambahkan pasta pandan secukupnya. aduk rata. saring bila perlu. sisihkan.
3.) Panaskan pengukus dgn api sedang. Bungkus tutupnya dgn kain bersih agar air uapnya tdk menetes. Olesi loyang / cetakan dgn sedikit minyak goreng. Tuang sesendok lapisan ubi ungu, biarkan 5 menit, tuang lapisan pandan biarkan 5 menit. lakukan sampai adonan habis, terakhir kukus hingga matang kurang lebih 30 menit. Angkat. dinginkan. sajikan..
 
 Sudah tidak asing lagi kan dengan lapis pandan ubi ungu, karena kue ini banyak sekali ditemui di Indonesia. Pewarna yang digunakan bisa terdiri dari pewarna buatan maupun pewarna alami lho. Tapi, pewarna yang sering digunakan yaitu daun pandan untuk warna hijau dan bunga mawar untuk warna merah. Wahh makin cantik aja ya. Sampai disini dulu pembahasannya , sampai jumpa...

0 comments:

Post a Comment