google-site-verification: google3c7d1a4caf0af247.html RESEP KLEPON COKLAT KEJU ~ DAPUR RESEP 101

Thursday 28 July 2016

RESEP KLEPON COKLAT KEJU

          Klepon coklat keju merupakan kue tradisional Indonesia yang masih termasuk dalam kategori  jajanan pasar. Makanan ini berbahan dasar tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih. Setelah masak lalu digelindingkan di atas parutan kelapa agar melekat, sehingga nampak berbalur parutan kelapa. Dan biasanya diletakkan di dalam wadah yang terbuat dari daun pisang. Untuk proses lebih detail, simak uraian di bawah ini :

 
Klepon coklat keju
Bahan :
  • 250 g tepung ketan
  • 50 g tepung beras
  • 1/2 sdt garam
  • 200 ml air
  • 100 g dark cooking chocolate, potong dadu
  • Keju parut untuk taburan
  • 1000 ml air untuk merebus
Cara Membuat :
  1. Campurkan tepung ketan, tepung beras dan garam. Tuangkan air sedikit demi sedikit, uleni hingga adonan bisa dipulung (dibentuk).
  2. Bentuk adonan bulat2 kecil, letakkan berjajar di loyang (jangan ditumpuk)
  3. Ambil satu bulatan adonan, pipihkan, isi dengan coklat bentuk dadu, lalu bulatkan kembali. Lakukan hingga adonan habis.
  4. Sementara rebus air hingga mendidih.
  5. Lalu masukkan satu per satu bulatan adonan. Tunggu hingga mengapung. Angkat, lalu balur dengan keju parut.
  6. Resep ini bisa menghasilkan sekitar 35 buah klepon
         Siap- siap nieh mau mencicipi klepon coklat keju. Di daerah-daerah tertentu, kue ini terkenal dengan nama yang mungkin idak kita ketahui. Misalnya saja di daerah Sumatera dan Malaysia justru dikenal dengan nama onde-onde. Sedangkan di Jawa dan bagian lain di Indonesia penganan yang disebut onde-onde adalah bebola tepung beras berisi adonan kacang hijau yang dibaluri biji wijen. Perbedaan penyebutan nama kue antara di Jawa dan Sumatera-Malaysia ini seringkali menjadi penyebab kekeliruan dan kerancuan dalam mengartikan onde-onde. wahhhw

0 comments:

Post a Comment