google-site-verification: google3c7d1a4caf0af247.html RESEP TUMIS BUNCIS CAMPUR TAHU ~ DAPUR RESEP 101

Friday 25 November 2016

RESEP TUMIS BUNCIS CAMPUR TAHU

   Resep sederhana yang akan kita bahas kali ini adalah tumis buncis campur tahu. Buncis (dari bahasa Belanda boontjes untuk kacang-kacangan secara umum), adalah sejenis polong-polongan yang dapat dimakan dari berbagai kultivar Phaseolus vulgaris. Buah, biji, dan daunnya dimanfaatkan sebagai sayuran. Sayuran ini kaya dengan kandungan protein. Ia dipercaya berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Untuk mempersingkat waktu, yuk kita lihat pengolahannya.

         
Resep Tumis Buncis Tahu
          
Bahan Utama:
# 250 gram buncis
#100 gram tahu putih
#50 gram tempe Minyak goreng secukupnya #100 ml air Untuk bumbu Tumis
# 5 buah cabai merah
#3 butir bawang merah
# 3 siung bawang putih
#1 ruas lengkuas
#1 lembar daun salam Garam secukupnya #1/2 buah tomat Gula merah secukupnya
# 1 sendok makan saus tiram

Cara Membuat :
  • Pertama-tama siapkan atau ambil buncis yang telah anda beli. Lalu siangi buncis tersebut dan potong tipis serong. Jika sudah anda bisa langsung mencucinya. 
  • Setelah itu, potong kotak tahu putih yang telah anda siapkan. Lalu potong kotak tempe. Iris tipis bawang merah dan bawang putih lalu memarkan lengkuas. 
  • Potong panjang tomat. Iris serong cabai merah. Cara Membuat Tumis/Oseng Buncis Campur Tahu Langkah pertama dalam tahap memasak ini yaitu, anda harus menyiapkan terlebih dahulu wajan atau alat penggorengan. 
  • Kemudian simpan di atas kompor menyala. Masukan minyak goreng sebanyak 3 sendok makan atau secukupnya. Biarkan sampai minyak goreng panas. Setelah itu, masukan bawang merah dan bawang putih yang telah diiris. 
  • Tumis bawang tersebut sampai layu dan mengeluarkan aroma harum. Jika telah seperti itu, masukan cabai merah, lengkuas dan daun salam. Aduk sampai merata dan biarkan hingga cabai layu. 
  • Selanjutnya, masukan tomat dan tempe. Aduk sampai merata serta tempe berubah warna. Kemudian, masukan buncis yang telah dipotong. Aduk-aduk sampai buncis layu. Tambahkan bumbu seperti garam, gula merah dan saus tiram. Aduk-aduk sampai bumbu tersebut larut. 
  • Masukan tahu yang telah dipotong. Aduk merata. Tambahkan air. Lalu aduk sampai merata. Masak sampai semua bahan matang dan air meresap. Apabila telah seperti itu anda bisa langsung mengangkat dan menyajikannya pada piring atau wadah saji yang telah anda siapkan.

        Buncis adalah sayur yang kaya dengan protein dan vitamin ini membantu menurunkan tekanan darah serta mengawal metabolisme gula dalam darah dan amat sesuai dimakan oleh mereka yang mengidap penyakit diabetes atau hipertensi. Kandungan serat dan enzim yang tinggi dapat membantu penurunan berat badan. Kacang buncis tumbuh melilit, mempunyai akar tunggang dan sisi yang panjang dan memerlukan tiang untuk memanjat. Waahhh banyak juga ya manfaatnya, saya tunggu tumis buncis campur tahu hasil kreasi anda. Selamat mencoba..

0 comments:

Post a Comment