google-site-verification: google3c7d1a4caf0af247.html RESEP URAP PAKIS ~ DAPUR RESEP 101

Wednesday 18 January 2017

RESEP URAP PAKIS

Urap pakis adalah hidangan salad berupa sayuran yang dimasak (direbus) yang dicampur kelapa parut yang dibumbui sebagai pemberi citarasa pedas dan gurih. Apalagi bila anda sedang berdiet, anda pastinya akan lebih sehat. Karena memasak sayur ini tidak akan melewati goreng, jadi anda bakalan ketagihan dengan urap sayur ini. Untuk mempersingkat waktu, yuk kita lihat cara membuatya.

Urap pakis

Bahanya:
* 1 ikat sayur pakis, potong potong
* 1/2 buah kelapa agak tua, parut
* 1 sdm ebi, tumbuk
* 2 lembar daun jeruk
* 1 sdt asam jawa
* garam secukupnya 

Bumbu Yg Dihaluskan :
* 5 buah cabe merah keriting
* 5 buah cabe rawit merah
* 2 siung bwg putih
* 2 cm kencur
* 1 sdt gula merah, sisir

Cara Memasaknya :
  1. Pakis direbus hingga empuk dgn sedikit garam. Angkat & tiriskan.
  2. Campur bumbu halus dgn kelapa parut, ebi yg sudah ditumbuk, asam jawa, daun jeruk yg disobek sobek & garam. Aduk hingga rata.
  3. Bungkus dgn daun pisang lalu kukus selama 15 menit.
  4. Angkat, campur / urap bersama pakis yg sudah direbus. Sajikan.
Urap pakis lazim ditemukan dalam masakan Indonesia, akan tetapi jika ditelusuri ternyata makanan ini berasal dari khazanah masakan Jawa. Makanan yang sama sekali tidak mengandung daging, dapat dimakan begitu saja sebagai makanan vegetarian atau sebagai sayuran teman nasi sebagai bagian dari hidangan lengkap. Biasanya merupakan syarat atau hidangan penting sebagi sayur pengiring dan pelengkap tupeng Jawa, dan lazim disajikan bersama nasi kuning. Kebanyakan rumah tangga memilih menggunakan kelapa parut segar yang masih kaya santan, daripada kelapa parut ampas santan, karena kelapa parut segar memberikan rasa yang kaya dan gurih. Saya tungu hasil kreasi anda, selamat mencoba.

0 comments:

Post a Comment