google-site-verification: google3c7d1a4caf0af247.html RESEP PEMPEK LENJER ~ DAPUR RESEP 101

Monday 16 January 2017

RESEP PEMPEK LENJER

Pempek lenjer merupakan salah satu dari banyak makanan khas Palembang. Makanan ini umumnya terbuat dari ikan yang dihaluskan dan sagu, serta beberapa komposisi lain. Namanya unik ya, apakah makanan ini masih asing buat anda? Kita intip dulu yuk cara pembutannya.
Pempek lenjer

Bahan :
  • 500 gram ikan tenggiri halus
  • 200 ml air es
  • 1 sendok makan garam
  • 1/2 sendok makan penyedap rasa atau sesuai selera
  • 300 gram sagu tani
  • 200 gram sagu tani untuk tambahan (olesan ditangan)

Cara Membuat :
  1. Campur ikan tenggiri halus dengan air es menjadi satu, Masukkan garam dan penyedap rasa, aduk sambil dituangkan kembali air es sehingga tercampur rata.
  2. Masukkan sagu sedikit demi sedikit sambil kita aduk sehingga menjadi adonan yang bisa dibentuk. Jika adonan belum bisa dibentuk, dapat ditambahkan tepung sagu lagi.
  3. Timbang adonan sesuai dengan besar yang kita kehendaki, lalu kita bentuk bulat lonjong. Lakukan hal yang sama sampai adonan pempek tadi habis.
  4. Didihkan air ke dalam panci berukuran sedang, tambahkan sedikit minyak sayur. Rebus adonan pempek yang sudah dibentuk hingga matang dan mengapung. Lalu angkat dan tiriskan dan biarkan sampai dingin.
  5. Jika Pempek sudah dingin, Panaskan miyak dengan api sedang, goreng sampai kering dan kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
  6. Pempek di potong-potong, letakkan dan susun didalam piring saji, kemudian tambahkan bahan pelengkap dan tuangkan kuah cuka pempek. Segera hidangkan.
Pembahasan kita tentang pempek lenjer sudah selesai. Jika di lihat sekilas, bentuknya mirip seperti lontong ya. Apakah rasanya juga mirip? Pasti ada bedanya donk ya. Saya tunggu hasil kreasi anda, selamat mencoba.

0 comments:

Post a Comment